Kenali Kebiasaan Penyebab Diabetes

15 Sep 2016 02:00 WIB - Validator Berita


Penyebab Diabetes. Diabetes adalah penyakit di mana kadar gula dalam darah cukup tinggi karena gula dalam darah tidak dapat digunakan oleh tubuh. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat dunia. Penyakit diabetes tidak memandang umur, diabetes juga dapat menyerang pada orang tua dan juga bisa menyerang pada anak-anak. Berikut adalah kebiasaan penyebab diabetes.

Penyebab Diabetes :

1. Kelebihan berat badan

Penderita penyakit diabetes tipe 2 diketahui lebih dari 85% memiliki kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan atau obesitas sering dikaitkan dengan risiko terkena penyakit diabetes. Olahraga secara rutin sangat dianjurkan untuk menurunkan berat badan dan menurunkan resistensi insulin.

2. Sering stres

Jika seseorang mengalami stres, tubuh orang tersebut akan meningkatkan produksi hormon epinephrine dan kortisol agar gula darah naik dan tersedia cadangan energi untuk beraktivitas. Namun, apabila gula darah sering terus dipicu tinggi karena mengalami stres yang berkepanjangan tanpa jalan keluar, sama saja dengan melakukan bunuh diri pelan-pelan. Alangkah baiknya jika sedang mengalami masalah, bicaralah pada orang yang bermasalah tersebut secara baik-baik atau ceritakan pada sahabat terdekat.

3. Riwayat hidup keluarga

Faktor keturunan juga berperan seseorang terkena diabetes. Apabila orang tua Anda pernah didiagnosis penyakit diabetes tipe 2, maka Anda juga beresiko terkena diabetes.

4. Kondisi tertentu pada wanita

Pada wanita yang memiliki sindrom ovarioum polikistik lebih beresiko untuk menderita diabetes. Sindrom ovarioum polikistik merupakan ketidakseimbangan hormonal yang menyebabkan tidak teraturnya masa siklus menstruasi pada wanita. Wanita yang pernah melahirkan bayi dengan kategori gemuk (4kg atau lebih) diketahui berisiko terkena diabetes. Adapun wanita hamil yang dapat menderita diabetes gestasional (diabetes terjadi selama masa kehamilan), diketahui 7 kali lebih beresiko terkena diabetes tipe 2 pada masa yang akan datang.

5. Kecanduan merokok

Penelitian di Amerika melibatkan setidaknya 4.572 relawan pria dan wanita menemukan bahwa resiko perokok aktif terhadap diabetes naik sebesar 22%. Naiknya risiko tidak cuma disebabkan oleh fakor merokok saja, tetapi kombinasi antara berbagai gaya hidup tidak sehat.

6. Makanan tinggi gula dan lemak

Sering mengonsumsi makanan tinggi gula dan lemak merupakan salah satu hal penyebab diabetes. Mengkonsumsi makanan seperti ini berisiko dapat meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Tekanan darah dan kadar kolesterol yang tinggi sering dikaitkan dengan diabetes dan penyakit jantung.

7. Takut kulit menjadi hitam

Menurut jurnal Diabetes Care, wanita dengan asupan vitamin D yang tinggi dan kalsium berisiko paling rendah untuk terkena diabetes tipe 2. Sumber vitamin D dapat ditemukan di sejumlah makanan, namun yang terbaik ada pada sinar matahari. Terkenan paparan matahari pagi selama 20 menit sudah mencukupi kebutuhan vitamin D selama 3 hari. Sebelum berjemur pada paparan sinar matahari pagi, alangkah baiknya Anda menggunakan sunscreen (tabir surya) selama 10-15 menit. Vitamin D juga dapat membantu keteraturan metabolisme tubuh, termasuk juga gula darah.

8. Gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan faktor resiko tinggi pemicu penyakit degeneratif, seperti penyakit kardiovaskular (pkv), stroke, dan diabetes melitus,. Penyebab utama penyakit PKV atau kardiovaskular tersebut adalah adanya penyumbatan pembuluh darah koroner, dengan faktor resiko utama adalah dislipidemia. Dislipidemia merupakan penyakit kelainan metabolisme pada lipid yang ditandai dengan gejala peningkatan kadar kolesterol total, LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida. Meningkatnya proporsi dislipidemia disebabkan kebiasaan mengkonsumsi makanan rendah serat dan tinggi lemak, termasuk makanan gorengan. Itulah beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan Anda terkena penyakit diabetes.

Hindari segala macam hal-hal yang penyebab diabetes dan mulailah hidup sehat.

Kategori